LANGKAH
MENGGUNAKAN APLIKASI KOMPUTER AKUNTANSI MYOB VERSI 18
A.
Membuat
Data Perusahaan
1. Klik tombol start pada Taskbar
2. Klik All program, pilih MYOB Accouting Plus V18 > MYOB
Accounting Plus V18 .
Selanjutnya akan tampil jendela Welcome to MYOB Accounting,. berikut
penjelasan singkat dari fungsi tombol yg terdapat dalam MYOB:
ü Open
your company file, digunakan untuk membuka file yang pernah disimpan (myo)
ü Create
a new company file, digunakan untuk membuat data perusahaan baru.
ü Explore
the sample company, digunakan untuk membuka file contoh yang telahdisediakan
oleh MYOB
ü What’s
New in this version, digunakan untuk melihat fitur-fitur baru yang terdapat
padaMYOB versi ini
ü Exit
MYOB Accounting digunakan untuk mengakhiri program MYOB.
3.Klik Create a New company file, maka akan tampil
jendela informasi a New Companyfile Assistant,
4. Klik Next, untuk melanjutkan ke tahap pengisian data perusahaan, Isi data
perusahaan
5. Setelah selesai,
Klik Next. Berikutnya anda akan mengisi periode akuntansi yang akandigunakan
perusahaan.
Ket
:
-
Current Financial Year : Isi tahun buku pembukuan
-Last
Month of Financial Year : Akhir Periode pembukuan
-Conversion
Month : Awal Periode Pembukuan
-Number
of Accounting Periode : Jumlah Periode
6.
Klik Next untuk menampilkan informasi
periode akutansi sesuai dengan pengaturan yangtelah dilakukan. Baca
kembali informasi yang ditampilkan, jiak terdapat kesalahan klik tombol
Back untuk memperbaikinya, jika tidak langsung klik Next
7.Pada kotak pilihan Build Your Account List, anda
tentukan cara pembuatan daftar akun yang akan digunakan. MYOB menyediakan 3
pilhan pembukuan daftar akun yaitu :
ü I
Would like to start with one of the list provided by MYOB Accounting, artinya
Andaakan menggunakan daftar akun yang telah disediakan oleh MYOB
ü I
Would like to import to list of account provided by my accountant after I’m
donecreating my company file. Artinya anda akan mengimpor daftar akun dari file
lain.
ü I
Would like to build my own accounts list once I begin using MYOB, artinya anda
akanmembuat sendiri daftar akun secara langsung.Pada Kasus kali ini Klik
pilihan Kedua. Lalu klik Next
8. Berikutnya akan tampil jendela informasi lokasi
penyimpanan file. Standarnya MYOB akan menyimpan file didalam drive
C:\myob18ED\(nama perusahaan). Jika ingin mengubah lokasi penyimpanan file klik
tombol Change, jika tidak langsung klik Next.
9.Selanjutnya
MYOB akan memproses data perusahaan yag telah kita masukkan.
10.Setelah
proses selesai akan tampil informasi Congratulations! Artinya bahwa
pembuatanfile perusahaan sukses.
11.
untuk masuk ke menu utama MYOB klik Commad Center, Menu utama MYOB Accounting
Plus V18 ditampilkan.
Import Daftar Akun
Setelah
daftar akun disiapkan, selanjutnya anda akan mengimpor daftar akun tersebut
kedalamMYOB. Berikut langkah-langkahnya
1.Aktifkan program MYOB Accounting Plus V18, lalu buka
kembali file anda.
(sesuai dengan nama perusahaan yg telah anda buat).
2.Dari menu utama MYOBAccounting Klik File >
Import Data > Accounts > Account Information.
3.Kotak dialog Import Fileditampilkan.
4.Pada kotak dialog Open, pilih file daftar_akun yang telah disimpan dalam
format Text (Tabdelimited) dilokasi penyimpanan yang anda tentukansebelumnya,
lalu klik Open
5.Pindahkan semua fields yang terdapat didalam kolom
Import Fields ke dalam kolomMatching
Import Field. Caranya klik nama fields terlebih dahulu, lalu klik kolomMatching
Import Field, lakukan satu persatu untuk semua fileds.
6.Hasilnya nama fields akan tampil didalam kolom Matching
Import Field seperti gambar.
7.Klik tombol Import Proses import file dilakukan
8.Setelah selesai akan tampil informasi seperti gambar.
Pada baris records skipped harusterisi angka 0. Jika tidak, berarti
akun yang gagal di import dan harus diperbaiki.Lakukan perbaikan setelah
selesai import kembali. Klik OK.
B.
Mempersiapkan
Data Awal:
1. Linked Akun
Setelah
daftar akun diimpor ke dalam MYOB berikutnya anda akan membuat link akun yang menghubungkan
akun satu dengan akun lainnya. Link akun berfungsi untuk mengotomatisasisistem
kerja MYOB.
Accounts &
banking linked accounts
Berikut
ini anda akan membuat link untuk perkiraan buku besar dan kas/bank
(Accounts
& Banking Linked Accounts)
1.Dari menu utama MYOB, klik menu
Setup
> Linked Accounts > Accounts & Banking Accounts
2.Kotak dialong Accounts & Banking Linked Accounts
ditampilkan
§ Keterangan
:Equity Accounts for Current Earnings = Perkiraan modul untuk laba periode
berjalan
§ Aquity
Accounts for Retained Earnings = Perkiraan modul untuk laba ditahan
§ Equity
Acconts for Historical Balancing = Perkiraan modul untuk selisih pembukuan
§ Bank
Account for Electronic Payments = Akun bank untuk pembayaran elektronik
§ Bank
Account for Unndeposite Funds = Akun untuk menampung penerimaan sementara
3.Ganti nama akun Hostirical Balancing menjadi selisih
pembukuan. Caranya Klik tanda panah
Kotak Equity Account for Historical Balancing.
4.Pada kotak dialog Edit Account pilih tab Profile
ketik
: Selisih Pembukuan di dalamkolom Account Name, lalu klik OK
5.Berikutnya klik tombol panah kotak Electonic Claring Account
6.Tampil kotak dialong select from list, pilih akun Bank Delta, lalu klik Use Account.
7.Ketika MYOB menampilkan konfirmasi yang menanyakan apakah
anda akan mengubahakun
untuk pembayaran elektronik, klik Yes
2. Linked Sales accounts
Selanjutnya
anda akan membuat link untuk akun yang berhubungan dengan penjualan.
Berikutlangkah-langkahnya :
1.Pastikan menu utama MYOB Accounting anda masih aktif.
Klik menu
Setup
> Linked Accounts > Sales Accounts
2.
Sales Linked Accounts ditampilkan
Keterangan
:
ü Asset
Account for Trancking Receivables = Perkiraan aktiva untuk menampung piutang
ü Bank
Account for Customer Receipts = Perkiraan bank untuk penerimaan piutang
ü I
Charge freight on sales = Perkiraan untk menampung biaya penjualan
ü I
track deposits collected from customers = Perkiraan penerimaan uang muka
pelanggan
ü I give
discounts for early payment = Perkiraan untuk menampung potongan penjualan
ü I
assess charges for late payment = Perkiraa untuk denda keterlambatan pembayaran
3.Klik tombol drop down pada kotak Asset Account for Tracking Receivables, Pilih akunPiutang Usaha lalu klik Use
Account
4.Pada kotak Bank Account for Customer Receipts, ganti
menjadi akun
Bank Delta
5.Lalu klik pilihan I change freight paid on sales, ganti
dengan akun Freight Out/Freight Collected ( Jika ada)
6. Setelah itu klik kotak pilihan I track deposits
collected from customers lalu klik tombol drop down pada kotak Liability
Account for customer deposits (Jika ada).
7. Kemudian pada pilihan I give discount for early
payment ganti dengan akun Sales Discount dan pada pilihan I asses charges for
late payment ganti dengan akun Late Fees Collected.
3. Purchases Linked Account
Berikutnya
anda akan membuatlink untuk akun yang berhubungan
dengan pembelian.Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
1.Dari menu utama MYOB Accounting, klik Setup
> Linked Accounts > Purchases Accounts
2.Kotak dialog Purchases Linked Accounts ditampilkan dan Klik
tombol drop down Liability Account for Tracking Payables, pilih akun HutangUsaha lalu klik tombol Use
Account
Keterangan
:
ü Liability
Account for Tracking Payables = Perkiraan kewajiban untuk hutang
ü Bank
Account for Paying Bills = Perkiraan untuk pembayaran hutang
ü I can
receive items without a Supplier bill = perkiraan untuk pembayaran tanpa
tagihan
ü I pay
freight on purchases = Perkiraan untuk biaya angkut pembelian (ganti dengan
akun Freigh Paid jika ada)
ü I
track deposits paid to suppliers = Perkiraan untuk uang muka pembelian (ganti
dengan akun Cash In Bank jika ada)
ü I take
discounts for early payment = Perkiraan untuk potongan pembelian (ganti dengan
akun Cost Of Goods Sold/Purchase Discounts)
ü I pay
charges for late payment = Perkiraan untuk denda keterlambatan pembayaran
(ganti dengan akun Late Fees Paid, jika tersedia)
4. Menghapus
Akun:
1. Buka
tampilan akun list.
2. Pilih
akun yang akan di hapus. Lalu klik menu Edit lalu pilih Delete Account.
3. Ulangi
langlah tersebut untuk menghapus akun yang selanjutnya ingin di hapus.
Akun yang
tidak boleh dihapus:
1. Electronic Clearing Account
2. Payroll
Cheque Account
3. Payroll
Liabilities
4. Retained
Earnings
5. Current
Earnings
6. Historical
Balancing Account
Akun-akun
diatas tidak boleh dihapus karena sudah ter-link akun, tapi untuk merapikan
daftar akun, akun-akun tersebut boleh dig anti nomer akunnya. Caranya:
1. Klik tanda
panah dipinggir kiri akun tersebut.
2. Lalu ganti
nomer akunnya sesuai keinginan.
5. Membuat Akun
baru:
1. Buka
Tampilan akun list.
2. Klik New.
Lalu masukan nama dan nomor akun yang akan dibuat.
3. Klik OK.
6. Membuat daftar Supplier:
1. Pada Command
Centres, klik Card File lalu pilih Card List.
2. Pilih
pilihan Supplier lalu klik New di bagian bawah.
3. Lalu isikan
data pemasok seperti nama pemasok atau nama perusahaan, alamat, kota, nomor
telepon, nomor fax, email dan sebagainya.
4. Setelah
selesai diisi, klik Buying Details. Pada kotak dialog Paymen is Due isikan
jenis transaksi pembayarannya, kemudian pada kotak Discount Days dan Balance
Due Days isikan jangka waktu perolehan diskon pada faktur, dan pada kotak
Discount for Early Payment isikan besarnya potongan yang akan diperoleh.
5. Klik Ok.
Ulangi cara diatas untuk mengisikan dara supplier yang lain.
6. Jangan lupa
tambahkan Cash Supplier pada daftar pemasok untuk transaksi pembelian tunai.
7. Membuat
daftar Customer:
1. Pada Command
Centres, klik Card File lalu pilih Card List.
2. Pilih
pilihan Customer lalu klik New di bagian
bawah.
3. Lalu isikan
data pelanggan seperti nama pelanggan atau nama perusahaan, alamat, kota, nomor
telepon, nomor fax, email dan sebagainya.
4. Setelah
selesai diisi, klik Selling Details. Pada kotak dialog Paymen is Due isikan
jenis transaksi pembayarannya, kemudian pada kotak Discount Days dan Balance
Due Days isikan jangka waktu perolehan diskon pada faktur, dan pada kotak
Discount for Early Payment isikan besarnya potongan yang akan diperoleh.
5. Klik Ok.
Ulangi cara diatas untuk mengisikan dara supplier yang lain.
6. Jangan lupa
tambahkan Cash Customer pada daftar pemasok untuk transaksi pembelian tunai.
8. Membuat
kartu persediaan:
1. Pada Command
Centres, pilih menu Inventory lalu klik Item List.
2. Muncul
tampilan Item List, klik New lalu isikan nama dan nomor barang.
3. Beri tanda
chek list pada kotak dialog:
·
I Buy This Item: Hubungkan dengan akun Cost Of Goods Sold
·
I Sell This Item: Hubungkan dengan akun Sales
·
I Inventory This Item: Hubungkan dengan akun Merchandise Inventory
4. Lalu klik
Buying Details. Pada kotak dialog Standar Cost isikan harga beli awal satuan
barang tersebut, dan pada kotak Buying Unit of Measure isikan satuan barang
tersebut.
5. Pada kotak
dialog Tax Code When Bought, isikan jenis pajak yang dipakai saat pembelian
barang.
6. Lalu klik
Selling Details. Pada kotak Selling Unit of Measure isikan satuan barangnya dan
pada Tax Code When Sold isikan juga pajak yang dipakai saat penjualan barang.
7. Klik Ok dan
ulangi cara diatas untuk mengisikan data barang persediaan yang lain.
9. Mengisi Saldo Akun:
1. Pada Command
Centres, pilih menu Setup lalu pilih pilihan Balances lalu klik Account Opening
Balances.
2. Isikan saldo
akun satu per satu sesuai letak saldo normalnya. Jika ada saldo akun yang
berlawanan dari letak saldo normalnya, maka tambahkan tanda min (-) didepan
angkanya.
Contoh:
Akun Allowance
for Doubtfull Debt (Cadangan Kerugian Piutang) tergolong dalam akun asset
yang saldo normalnya di debit, sedangkan akun Allowance for Doubtful Debt saldonya di kredit, jadi contoh penulisannya
seperti ini: -500.000. Begitu pula untuk kelompok utang, modal, beban, maupun
pendapat jika ada.
3. Pada kolom
paling bawah, kotak dialog Ammount left to be allocated harus bersaldo Rp 0,00
yang menunjukan bahwa saldo debit dan kredit sudah seimbang.
10. Mengisikan
Saldo Awal Kartu Utang, Piutang dan Persediaan:
a.
Mengisikan
saldo awal Kartu Utang:
1. Klik menu
Setup lalu pilih pilihan Balances dan klik pilihan Supplier Balances.
2. Klik Add
Purchase.
3. Isikan nama
pemasok pada kotak dialog Supplier Name, isikan tanggal transaksi pada kotak
dialog Date dan isikan saldo awalnya pada kotak dialog Total Including Tax.
Kotak Tax Code akan terisi secara otomatis dan besarnya pajak juga akan terisi
secara otomatis.
4. Klik Record
dan ulangi cara diatas untuk mengisi saldo awal pemasok yang lain.
b.
Mengisikan
Saldo awal Kartu Piutang:
1. Klik menu
Setup lalu pilih pilihan Balances dan klik pilihan Customer Balances.
2. Klik Add
Sales.
3. Isikan nama
pelanggan pada kotak dialog Customer Name, isikan tanggal transaksi pada kotak
dialog Date dan isikan saldo awalnya pada kotak dialog Total Including Tax.
Kotak Tax Code akan terisi secara otomatis dan besarnya pajak juga akan terisi
secara otomatis.
4. Klik Record
dan ulangi cara diatas untuk mengisi saldo awal pelanggan yang lain.
c.
Mengisi
Saldo Awal Kartu Persediaan:
1. Pilih Menu
Inventory lalu klik Count Inventory.
2. Isikan
jumlah awal persediaan barang dagangan. Klik Adjust Inventory.
3. Akan muncul
kotak dialog Adjustment Information. Pada kotak dialog Default Adjustment
Account isi dengan akun Merchandise Inventory.
4. Klik
Continue lalu klik Opening Balances.
5. Akan muncul
tampilan seperti jurnal umum.
6. Isikan tanggal pencatatannya dan memo dengan
dekripsi singkat mengenai pencatatan.
Contoh: Saldo awal Persediaan Barang.
7. Isikan nomor
barang pada kolom Item, dan isikan harga awal per unitnya pada kolom Unit Cost.
Pada kolom Account isi dengan akun Merchandise Inventory.
8. Jika semua
barang sudah terisi, klik Record.
C.
Pencatatan
Transaksi
1.
Penerimaan
Kas
Contoh
transaksi penerimaan kas adalah penerimaan pembayaran piutang dari pelanggan,
penerimaan pelunasan utang karyawan, penjualan aktiva tetap atau surat-surat
berharga. Tapi yang termasuk dalam transaksi penerimaan kas dalam MYOB adalah
semua transaksi yang menambah kas diluar kegiatan usaha pokok perusahaan
tersebut. Jadi, transaksi penerimaan pembayaran piutang dari pelanggan tidak
masuk dalam transaksi penerimaan kas. Contoh:
Transaksi
Penjualan Surat-surat berharga:
(a) Pilih menu
Banking pada Command Centres, pilih pilihan Receive Money.
(b) Klik Tax
Inclusive untuk menghilangkan tanda Check List pada kotak Tax Inclusive.
(c) Isikan
data-data pada bukti transaksi pada masing-masing kolom:
·
Payor: kosongkan
·
Deposit to Account: isi dengan akun Cash In Bank.
·
Amount Received: isikan uang tunai yang diterima.
·
Memo: deskripsi singkat tentang transaksi tersebut.
·
ID#: nomor bukti.
·
Date: tanggal terjadinya transaksi.
(d) Pada kolom
Acct, isi dengan akun-akun yang terkait, kemudian pada kolom Amount isikan
jumlah debit/kreditnya (jika akun menyangku lebih dari 2 akun).
(e) Untuk
memastikan transaksinya benar atau tidak, tekan Ctrl+R.
(f) Kotak dialog
Out of Balance harus bersaldo nol.
(g) Jika sudah
benar, klik Record lalu Cancel.
2.
Pengeluaran
Kas
Yang
termasuk dalam transaksi pengeluaran kas dalam MYOB adalah semua transaksi yang
mengurangi kas diluar kegiatan usaha pokok perusahaan tersebut. Contoh:
pembayaran pajak ke kas Negara, pembelian surat berharga atau pembelian aktiva
tetap, pembayaran gaji karyawan dan sebagainya. Pencatatanya:
(a) Pilih menu
Banking pada Command Centres lalu pilih Spend Money.
(b) Klik Tax
Inclusive untuk menghilangkan tanda Check List pada kotak Tax Inclusive.
(c) Isikan
data-data pada bukti transaksi pada masing-masing kolom:
·
Payee: penerima uang.
·
Memo: Deskripsi singkat tentang transaksi.
·
Cheque No: isi dengan nomor buktinya.
·
Amount: isi dengan jumlah uang yang dibayarkan.
·
Date: isi tanggal transaksinya.
(d) Jika sudah,
pada kolom Acct isi dengan akun-akun yang terkait dan pada kolom Amount isi
dengan jumlah debit/kreditnya (jika ada lebih dari 2 akun).
(e) Untuk
memastikan transaksinya benar atau tidak, tekan Ctrl+R.
(f) Kotak dialog
Out of Balance harus bersaldo nol.
(g) Jika sudah
benar, klik Record lalu Cancel.
3.
Penjualan
Kredit
(a) Pada Command
Centres klik menu Sales lalu pilih Enter Sales.
(b) Klik tanda
check list pada kotak Tax Inclusive untuk menghilangkannya.
(c) Isikan
keterangan yang ada dalam bukti transaksi kedalam masing-masing kolom:
·
Customer: Isi dengan Cas Customer
·
Invoice: Isi dengan nomor faktur.
·
Date: isi tanggal faktur.
·
Ship: isi jumlah barang yang dibeli
·
Item: isi dengan nama barang yang dibeli
·
Price: isi dengan harga jual
(d) Secara
otomatis, MYOB akan menghitung total penjualan (terdapat pada kolom Subtotal),
pajak yang dikenakan (terdapat pada kolom
Tax) dan total piutangnya (terdapat pada kolom Total Amount).
(e) Untuk
memastikan transaksinya benar atau tidak, tekan Ctrl+R.
(f) Kotak dialog
Balance Due harus bersaldo nol.
(g) Jika sudah
benar, klik OK lalu Cancel.
4.
Penjualan
Tunai
(a) Pada Command
Centres klik menu Sales lalu pilih Enter Sales.
(b) Pada pilihan
Terms, ganti pajaknya dengan C.O.D (Cash On Delivery).
(c) Isikan
keterangan yang ada dalam bukti transaksi kedalam masing-masing kolom:
·
Customer: Isi dengan Cas Customer
·
Invoice: Isi dengan nomor faktur.
·
Date: isi tanggal faktur.
·
Ship: isi jumlah barang yang dibeli
·
Item: isi dengan nama barang yang dibeli
·
Price: isi dengan harga jual
(d) Secara
otomatis, MYOB akan menghitung total penjualan, pajak yang dikenakan.
(e) Kemudian
isikan total penjualan yang ada pada kolom Total Amount pada kolom Applied to
Date.
5.
Pembelian
Kredit
(a) Pada Command
Centres klik menu Purchases lalu pilih Enter Purchases.
(b) Klik tanda
check list pada kotak Tax Inclusive untuk menghilangkannya.
(c) Isikan
keterangan yang ada dalam bukti transaksi kedalam masing-masing kolom:
·
Supplier: Isi dengan Cas Supplier.
·
Purchases: Isi dengan nomor faktur.
·
Date: isi tanggal faktur.
·
Bill: isi jumlah barang yang dibeli
·
Item Number: isi dengan nomor barang yang dibeli
·
Price: isi dengan harga jual
(d) Secara
otomatis, MYOB akan menghitung total penjualan (terdapat pada kolom Subtotal),
pajak yang dikenakan (terdapat pada kolom
Tax) dan total piutangnya (terdapat pada kolom Total Amount).
(e) Untuk
memastikan transaksinya benar atau tidak, tekan Ctrl+R.
(f) Kotak dialog
Balance Due harus bersaldo nol.
(g) Jika sudah
benar, klik OK lalu Cancel.
6.
Pembelian
Tunai
(a) Pada Command
Centres klik menu Purchases lalu pilih Enter Purchase.
(b) Pada pilihan
Terms, ganti pajaknya dengan C.O.D (Cash On Delivery).
(c) Isikan
keterangan yang ada dalam bukti transaksi kedalam masing-masing kolom:
·
Supplier: Isi dengan Cas Supplier
·
Purchase: Isi dengan nomor faktur.
·
Date: isi tanggal faktur.
·
Bill: isi jumlah barang yang dibeli
·
Item Number: isi dengan nama barang yang dibeli
·
Price: isi dengan harga jual
(d) Secara
otomatis, MYOB akan menghitung total penjualan, pajak yang dikenakan.
(e) Kemudian
isikan total penjualan yang ada pada kolom Total Amount pada kolom Pay to Date.
(f) Untuk
memastikan transaksinya benar atau tidak, tekan Ctrl+R.
(g) Kotak dialog
Balance Due harus bersaldo nol.
(h) Jika sudah
benar, klik OK lalu Cancel.
7.
Retur
Penjualan dan Retur Pembelian
Untuk
pencatatan retur penjualan dan pembelian hampir sama dengan pencatatan
penjualan kredit/pembelian kredit. Hanya saja pada kolom Ship (untuk penjualan)
dan kolom Bill (untuk pembelian) diberi tanda min (-) didepan jumlah barangnya.
Setelah semua data terisi klik Ok. Lalu klik Register pada pilihan icon yang
ada dibawah. Lalu akan muncul kotak dialog Purchases Register, (untuk
penjualan) atau kotak dialog Sales Register (untuk penjualan), pilih pilihan
Returns&Debits. Kemudian klik Apply to Purchase/Apply to Sale. Jangan lupa
untuk mengisikan tanggal transaksinya. Klik OK.
8.
Penerimaan
Pembayaran Piutang dan Pembayaran Utang
A.
Penerimaan
Piutang dari Pelanggan
(a) Klik Sales
pada Command Centres, lalu pilih pilihan Receive Payments.
(b) Isikan
masing-masing data pada kotak dialog:
·
Customer: Nama pelanggan yang membayar
·
Amount Received: Jumlah yang diterima
·
Memo: terisi secara otomatis.
·
ID#: Nomor bukti.
·
Date: Tanggal transaksi.
(c) Kolom-kolom
yang ada akan terisi secara otomatis.
(d) Kotak dialog
Out of Balance harus bersaldo nol.
(e) Jika sudah,
klik Record lalu klik Cancel.
B.
Pembayaran
Utang kepada Pemasok
(a) Klik Sales
pada Command Centres, lalu pilih pilihan Receive Payments.
(b) Isikan
masing-masing data pada kotak dialog:
·
Customer: Nama pelanggan yang membayar
·
Amount Received: Jumlah yang diterima
·
Memo: terisi secara otomatis.
·
ID#: Nomor bukti.
·
Date: Tanggal transaksi.
(c) Kolom-kolom
yang ada akan terisi secara otomatis.
(d) Kotak dialog
Out of Balance harus bersaldo nol.
(e) Jika sudah,
klik Record lalu klik Cancel.
D.
Penyusunan
Laporan Keuangan
1.
Menyelesaikan Transaksi pada Jurnal Penyesuaian
§
Mencatat Jurnal Penyesuaian :
1.
ACCOUNTS – RECORD JOURNAL
ENTRY.
2.
Isi tanggal transaksinya – Isi
MEMO – Isi akun debit dan kreditnya
3.
RECORD.
§
Penyesuaian untuk Rekonsiliasi :
1.
BANKING – RECONCILE ACCOUNT.
2.
Isi ACCOUNT dengan Cash In
Bank – Isi tanggal pada BANK STATEMENT DATE.
3.
Pada NEW STATEMENT BALANCE
isilah dengan jumlah angka yang tercatat pada CALCULATE STATEMENT BALANCE
sehingga OUT OF BALANCE bernilai 0.
4.
Klik icon BANK ENTRY
5.
Isi amount pada SERVICE
CHARGE – Isi tanggal transaksinya.
6.
Isi EXPENSE ACCOUNT dengan
akun Bank Service Charge – Isi amount pada INTEREST EARNED – Isi ID – Isi
tanggal transaksinya.
7.
Isi INCOME ACCOUNT dengan
Interest Income – RECORD.
8.
Klik icon sehingga setiap
baris akan automatis ditandai – Klik RECONCILE – Klik CANCEL.
2.
Menampilkan dan Mencetak Laporan Keuangan
1.
Menampilkan dan mencetak Neraca :
a.
REPORT – ACCOUNTS.
b.
Pada BALANCE SHEET pilih
STANDARD BALANCE SHEET.
c.
DISPLAY – PRINT – Pilih
PRINTER – Tentukan banyaknya rangkap.
d.
Klik OK
2.
Menampilkan dan mencetak Laporan Laba Rugi :
a.
REPORT – ACCOUNTS – PROFIT
& LOSS (ACCRUAL).
b.
DISPLAY – PRINT – Pilih
PRINTER – Tentukan banyaknya rangkap.
c.
Klik OK.
3.
Menampilkan dan mencetak Laporan Arus Kas :
a.
REPORT – BANKING – STATEMENT
OF CASH FLOW.
b.
DISPLAY – PRINT – Pilih
PRINTER – Tentukan banyaknya rangkap.
c.
Klik OK.
mohon di jelaskan apa saja fungsi dari menu2 yang terdapat pada report(laporan).!
BalasHapuspada myob 18 terima kasih
terimkash atas infony krna ini sngt mmbntu tugs mklh myob sya yg hrus sya slesaikan stlh PKL
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusbagaimana cara untuk menampilkan account opening balance supaya semua tercver, karena di opening balance saya hnya no.akun 1-3 saja untuk 4 - ,.. tidak ada....
BalasHapusmhon pnjlsnya....
bagaimana cara untuk menampilkan account opening balance supaya semua tercver, karena di opening balance saya hnya no.akun 1-3 saja untuk 4 - ,.. tidak ada....
BalasHapusmhon pnjlsnya....
backgroundnya sangat menggangu
BalasHapusbankground nya nyampah
BalasHapusfitur-fitur yang terdapat di myob versi 18 apa saja?
BalasHapusbackground nya alay sampah jijik
BalasHapusBACKGROUNDNYA MALAH MENGGANGGU
BalasHapusthanks bgt infonya. tp klo boleh saran, background jgn terlalu mencolok. informasi yg penting justru terhalang background.
BalasHapuskak tema nya membuat tidak nyaman membaca
BalasHapusMYOB itu perlu aktivasi online untuk mengaktifkan company code yang sudah dibuat. Jadi percuma.
BalasHapusSaya punya solusi, bagi siapa saja yang membutuhkan MYOB tanpa aktivasi online maka saya sarankan untuk menggunakan MYOB PREMIER 7.5. Myob Premier 7.5 adalah versi offline terakhir yang dibuat oleh MYOB yang tanpa perlu aktivasi online.
Untuk mendapatkan MYOB PREMIER 7.5 yang dapat di install di WIndows 10, 7, 8 dan XP, multi user, multi currency dan tanpa aktivasi online dapat menghubungi saya di 0813 48 021 778 (WA Available)
Terimakasih infonya. Tapi, sayang sekali backgroundnya mengganggu... Ganti saja backgroundnya
BalasHapus